Setelah kesulitan pasti ada kemudahan

Allah akan mengganti dengan lebih baik

Assalamu alaikum saudara-saudaraku.....

Allah tidak akan megambil sesuatu dari manusia kecuali dia akan menggatinya dengan seusatu yang lebih baik. Itu akan terjadi apabila anda bersabar dan ridha dengan keputusan-Nya. Setiap musibah yang ditakdirkan Allah merupakan sebuah ujian yang disiapkan imbalannya berupa pahala besar yaitu surga. Bisakan melihat sisi positif dari setiap musibah.

Siapa saja tetap beriman ketika tekena musibah dan kesulitan di dunia akan mendapat balasan yang sempurna di akhirat nanti. Siapa saja yang tidak berkurang ketaatannya kepada Allah dan malah meningkat walaupun berbagai kesulitan menghadangannya, akan merasakan kenyamanan di akhirat. Sebaliknya orang yang tidak taat dan bergelimang dengan gemerlap kehidupan dunia semu, maka yng ada dalam benak merekahanyalah rasa takut kehilangan kenikmatan duniawi oleh karena itu berbagai musibah dan kesulitan yang menimpa, terasa beratoleh mereka. Karenamereka hanya bisa melihat apa yang tampak di mata dan tidak bisa melihat sesuatu apa yang ada di baliknya.

Saudaraku apapun yang hilang adalah peratara untuk mendatangkan keuntungan sesungguhnya dalam tiap musibah terdapat isyarat bahwa orang itu akan mendapatkan sesuatu dari pencipta-Nya

Semua nikmat atau musibah yang telah ditetapkan allah akan mengenai anda, pasti tidak akan meleset. Walaupun seluruh manusia bersatu, anda tidak bisa menghindarkan diri dari apa yang sudah ditakdirkan terjadi kepada anda. Jika keyakinan tertana, di dalam diri, tentu cobaan berat akan menjadi anugrah, ujian akan menjadi karunia.

Setiap cobaan mempunyai ganjaran yang sesuai berat ringannya. Musibah apapun sesungguhnya merupakan sesuatu yagn telah ditakdirkan dan semua yang telah menjadi takdir Allah pasti akan terjadi. Kita mempunyai pilihan lain, selain meneriman takdir itu. Dengan hanya cobaan anda justru mendapat pahala dan dosa anda pun akan diampuni.

Apabila anda tidak beriman kepada takdir, dir anda tidak akan pernah merasa tenang, jiwa tidak akan tentram dan kegalauan selalu datang. Peristiwa yang anda temui ibarat tinta yang telah mengerig dan tidak bisa dihapus kembali. Penyesaan tidak akan membuat semua telah hilang kembali. Terimalah dengan rela sesuatu yang telah ditetapkan sebelum anda dikendalikan oleh amarah, penyesalan dan ratapan. Tenangkanlah diri dan berusaha melakukan yang terbaik.

Kalaupun merasa belum melakukan yang seharusnya anda bisa lakukan, jangan menyesal. ubahlah penyesalan menjadi pelajaran agar tidak terulang kembali, dan jangan pernah berpikir seandainya aku melakukan ini dan itu, niscaya akan begini dan begitu, tapi yakinilah semua yang telah ditakdirkan dan dikehendaki oleh Allah pasti terjadi.

Segala sesuatu pasti akan berputar. Sperti roda ada saat di bawah ada pula saat dibawah. Allah juga menciptaan semuanya berpasang pasangan. Ada laki-laki ada pula perempuan, ada siang dan ada pula malam, ada dingin ada api, begitu pula ada susah ada pula mudah. Semuanya berputar saling bergantian. Namun semua dilakukan secara aktif. Anda tidak akan menghilangkan rasa lapar kalauanda sendiri tidak beruah untuk makan, tidak akan mampu menghilangkan rasa haus kalau anda sendiri tida beruaha untuk mencari minum

             “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5)

Dalam dua ayat yang terakhir, Allah memberikan syarat kepada kita agar kita dapat mengubah kesulitan menjadi kemudahan, yaitu (1) kerja keras, dan (2) doa. Kerja keras merupakan syarat yang kita lakukan. Sukses atau keberhasilan tidak akan pernah datang dengan sendirinya. Kerja keras adalah syarat utama. Selain itu, kerja keras itu harus dibalut dengan do’a yang mustajab. Dalam hal ini, ayat ke tujuh menegaskan kita harus bekerja keras untuk dapat memecahkan masalah. Sedang ayat ke delapan menegaskan kita dapat berharap hanya kepada Allah SWT semata-mata.


Kerja dan do’a merupakan perpaduan sinergis untuk melahirkan keberhasilan. Untuk ini, jangan sekali-kali datang kepada dukun, atau datang ke selain Allah, untuk memanjatkan do’a. Dengan kerja keras dan berharap hanya kepada Allah, insyaallah kesulitan kita akan berakhir dengan kemudahan atau keberhasilan.



Comments

Popular posts from this blog

MENGGAMBAR PENSIL MENCIPTAKAN SUASANA

Tangga Kepemimpinan

Menilai Seseorang dalam berbagai sudut pandang