Ada Kebaikan Di Setiap Kegagalan

Berhasil dan gagal adadalah dua hal yang berhubungan

Setiap orang menginginkan berhasil dalam setiap usahanya. Sekuat tenaga orang akan menghindari kegagalan. Namun sayangnya keberhasilan dan kegagalan adalah dua kata yang dekat dan berhubungan. Entah bagaimana jadinya di dunia ini kalau semua orang yang ada di dunia ini selalu berhasil. Setiap yang direncanakan berhasil. Setia apa yang menjadi cita-citanya terwujud. Tentu tidak ada seninya hidup ini. Bukankah TV berwaran lebih menyenangkan dari pada TV hitam putih. Bukankah banyak warna dalam kehidupan ini menciptakan seni yang tinggi. Coba lihat lukisan  ada yang menganggap lukisan tidak bermakna dan amburadul dan hanya berisi cmpuran warna yang kacau. Namun bagi orang yang mampu melihatnya dari sudut pandang lain, lukisan itu terasa indah baginya, campuran warna yang ambradul bagi orang lain , baginya malah menimbulkan sensasi tersendiri. Begitulah hakikat kegagalan.

Memang kegagalan terasa sakit. Itu wajar saja, sangat masuk akal kalau kita merasa sedih atas kegagalan pada rencana-rencanaa yang telah di rumuskan jauh-jauh hari. Rencana yang telah dirumuskan dan diusahakan semaksimal mungkin untuk di wujudkan. Namun yang membedakan antara orang yang sukses dan orang yang tidak sukses adalah dia berani mencoba bangkit dan mecoba 


Tidak berani untuk mencoba itulah gagal yang sejati Kalau setelah dicoba tetap gagal, anggap saja itu biaya dari keberhasilan yang akan di capai. dri kegagalanlah kita bisa memperoleh sesuatu yang bisa dipelajari dan mungkin untuk di coba kembali. Kita tidak akan pernah gagal bila terus berusahadan benar-benar gagal kalau berhenti.

Setiap orang pasti akan mengalami kegagalan dalam hidupnya. Entahlah kegagalan dalam perdagangan, kegagalan dalam pernikahan, kegagalan dalam sekolah, kegagalan dalam pekerjaan dan lain sebagainya. Sekarang yang perlu kita perhatikan adalah apakah ada kegagalan yang pernah kita alami yang sekarang menghambat kemajuan dala hidup kita. Adakah kegagalan dalam hidup ini yang begitu mengecewakan sehingga membuat hidup kita begitu suram. Sehingga kita lihat hidup ini begitu selalu dari pandangan yang negatif. Saya banyak bertemu dengan oran-orang yang begitu negatif dalam pembicaraannya, yang tanpa orang itu sadari. Penyebab dari sikap negatif itu adalah karena dia pernah gagal dalam hidupnya dan tak akan pernah melupakannya.


Hikmah Kegagalan

Supaya timbul semangat apabila gagal menghadang ada beberapa hala yang harus kita ingat selama menjalani usaha

Pertama, kita harus yakin bahwa setiap perbuata memiliki resiko. Untuk megurangi tekanan psikologis dalam berikhtihar, kita harus yakin kepada Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana. Tidak mungkin Allah mebiarkan hambanya begitu saja Pasti ada sesuatu dari setiap hasil yang dicapai.

Kedua, kita harus yakin bahwa Allah menguji daya tahan kita dengan memberikan suatu usaha yang cukup membawa reesiko. Bukankah pelaut bisa disebut pelaut ulung apabila menyebrangi lautan berombak. Kita bisa disebut muslim yang tangguh apabila kita mampu menyebrangi lautan kehidupan yang bergelombang.

Ketiga, selalu bersabar atas sesuatu yang itdak diinginkandan bersyukur apa yang telah terjadi. Memang pasti banyak tekanan psikologis yang dialami. Setiap ada sesuatu di luar kehendak, jagalah diri untuk tetap tenang. Setiap ada usaha yang berhasil jagalah hati untuk tetap bersyukur.

Keempat, yaknilah bahwa Allah mempunyi kehendak rencana yang pasti lebih baik dari pada rencana yang dibuat manusia. Mungkin dalam pandangan Allah kalau pada saat  itu kita berhasil kita akan menjadi orang yang takabbur atau menjadi orang yang tidak bersyukur. Mungkin juga kalau kita berhasil pada waktu itu, keimanan dan ketakwaanlah akan berkurang. Mugkin dengan kegagalan Allah mengingatkan kita untuk selalu beramal sholeh.

Kelima,  kita harus menyadari bahwa yang pernah mengalami kegagalan itu bukan hanya kita saja, melainkan semua orang pasti telah melakukan kegagalan. Hanya setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam melihat kegagalan itu . Ada yang berpandangan bahwa keberhasilan dan kegaga itu adalah hal yang wajar dari sebuah perjuangan. Orang ini tidak terlalu sakit dalam kegagalanya sehngga dapat melupakannya dengan segera. tetapi ada orang yang justru sebaliknya, dia memikirkan panjang apa yang dia akan lakukan krena dia tidak mau gagal. Tetapi ternyata kejadiannya dia gagal, maka  kegagalan itu menghantam dia luar biasa. Sehingga kekecewaan yang terjadi itu mempengaruhi kehidupannya yang medalam.

Keenam, kita semua harus tau bahwa semua orang yang berada dalam kesuksesan pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Apakah anda mengethui bahwa orang sukses tidak pernah mengalami kegagalan. Sampai saat ini belum pernah. Saya yakin anda juga belum pernah. Ya, kerena memang tidak ada orang yang sukses tidak pernah menglami kegagalan. Orang sukses seperti Mario Teguh, Setia Furqon Halik, Ardi Gunawan, Agnes monica, dan presiden kita habibie dan lain-lain serta salah satu contoh yang kita patut teladani kesuksesan Rasulullah SAW, yang diberi amanat oleh Allah melalui perantara Jibril untuk menyebarkan agama Allah, dalam perjalanan rasulullah SAW rasulullah di caci maki, di ejek, di jatuhkan rencananya oleh kaum kafir. Orang sukses, pernah mengalami  berbagai kegagalan dalam hidupnya, tetapi mereka maju terus 

Ketujuh, hanya orang yang pernah mengalami kegagalan yang akan dapat menikmati kesuksesan. 
Kita baru mersakan nikmat sehat setelah kita sakit. Begitu pula kita tidak bisa menikmati nikmat sukses kalau kita tidak merasakan nikmat kegagalan. Dengan adanya kegagalan kita dapat menikmati kesuksesan yang kita alami dan untuk membuat tetap rendah hati di dalam kesuksesan.

Dengan mempunyai prinsip yang diatas, kita bisa mempunyai ketenangan dalam berusaha dan tetap berpikir jernih ketika kegagalan datang. Walaupun demikian tentu saja kita tetap berusaha supaya usaha yang kita jalani tidak gagal. untuk menghindari kegagalan kita harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dalam kegagalan. Setelah di ketahui jadikan sebagai bahan untuk menghindarinya.




Comments

Popular posts from this blog

MENGGAMBAR PENSIL MENCIPTAKAN SUASANA

Tangga Kepemimpinan

Menilai Seseorang dalam berbagai sudut pandang