BERDIAM DIRI

Sehatkan Jasad fisik dan rohani dengan bergerak

Saat kesedihan menimpa kita, badan sangat sulit untuk digerakkan. Kita menjadi lebih senang untuk tinggal berdiam diri di  kamar, melamun tak karuan membiarkan pikiran lari tanpa arah. Pada saat itulah setan akan berusaha masuk. Awalnya setan akan menggoda dengan menyarankan melakukan dosa besar, apabila orang tersebut menolak maka setan akan menyarankan melakukan dosa kecil. Sampai oragn tersebut mau melakukan apa yang diinginkan oleh setan.


Orang yang sedang mengalami kesedian, mengalami tekanan mental yang berat, jantung yang berdetak lebih keras. Malas makan, susah tidur, dan tidak bisa berkosentrasi . Akibatnya prestasi belajar atau kerja menurun. Sungguh amat sayang apabila kita melakukan hal terebut . Kita seolah-olah rugi dua kali. Kerugian pertama kita sudah mengalami peristiwa yang tidak kita harapkan. Kerugian yang kedua, kita mengalami penderitaan karena selalu mengingat persoalan itu. Kalau kita mau menggunakan pikiran sehat, maka kita bisa menemukan banyaknya keburukan dari mengingat-ingat peristiwa buruk yang sudah lewat. Untuk apa diingat, karena peristiwa itu dan orang-orang yang terlibat di dalamnya mungkin sudah melupakannya


OBAT MUSIBAH

Pada suatu waktu, seorang ulama di uji dengan suatu musibah, kemudian beberapa rekannya berkunjung dan mereka menghiburnya. Selanjutnya dia berkata, aku telah mebuat obat dengan 6 resep, apakah itu? Dia jawab :

Pertama, percaya kepada Allah.
Kedua, aku tahu bahwa segala sesuatu yang ditakdirkan pasti terjadi
Ketiga, kesabaran adalah yang terbaik yang mesti kita lakukan oleh orang yang sedang dalam ujian Allah.
Keempat, bila aku dapat bersikap sabar , lalu apa lagi yang kita lakukan, karena kesedihan tak akan pernah bisa menolongku.
Kelima, bisa jadi aku tertimpa sesuatu yang lebih buruk dari pada yang kurasakan saat sekaran ini.
Keenam, dari waktu ke waktu aku hanya menikmati kegembiraan

Kegembiraan hati merupakan salah satu nikmat yang luar biasa besar dalam hidup manusia. dari hari yang gembira tenpancar ketenangan hati dan kestabilan emosi. Sesungguhnya kegembiraan itu merupakan sen kehidupan yang dapat kita pelajari. Siapa saja yang mengetahui caranya, tentu ia kana mersa mudah meraihnya dan mendapatkan manfaat darinya berupa kebahagiaan hidup dan kemudahan dalam kehidupan hidup. Dia juga mampu menjadikan apa yang berada di sekitarnya sebagai sara dalam mencapai kebahagiaan hidup. Orang yang menginginkan badannya sehat, maka ia perlu berolahraga yang teratur agar daya tahan tubuhnya meningkat. Begitu pula yang ingin hatinya sehat memerlukan olahraga hati agar ketahanan hatinya meningkat, sehingga lebih kebal dari serangan peyakit hati

Olahraga hati bisa dilakukan dengan ikut bergabung dalam masyarakat, bergaul dengan banyak orang, serta ikut aktif dalam kegiatan. Dari aktifitas itu akan dapat dicapai  berbagai macam pengalaman. Anda akan menemui berbagai karakter khas  dan unik . Selain itu anda juga akan megetahui berbagai kapasitas sabar yang anda miliki ketika menghadapi sesuatu yang tidak direncanakan. Hidup adalah gerakan, hanya orang mati yang tidak bergerak. Orang yang hanya mengurung diri dalam kamar kamar atau terus tenggelam dalam kesedihan, tidak mau bergerak, sama saja dengan orang mati. Sayang sekali kalau hidup ini yang hanya sekali dan sebentar saja ini tidak digunakan sebaik-baiknya.

Apabila gerakan badan berkurang, menimbulkan ketidak seimbangan dengan gerakan yang terdapat pada batinnya. yang terjadi adalah kekacauan pada badan fisik karena gerakan batin sangat memerlukan gerakan lahir, dan sebaliknya gerakan pada batin menimbulkan gerakan lahir. Kita tidak akan merasakan hidangan kehidupan dan mencapai kebahagiaan dalam kehidupan ini, apabila tidak terjadi keharmonisan antara jasad fisik maupun batin.

Apakah anda pernah menemukan sesorang yang hatinya didominasi oleh dendam dan kebencian mempunyai tubuh yang sehat dan tenang. Saya belum pernah menemukan dan saya yakin anda juga belum pernah menemukan. Hanya gerakan dan olahraga batinlah hati dan pikiran bisa jadi sehat

Comments

Popular posts from this blog

MENGGAMBAR PENSIL MENCIPTAKAN SUASANA

Tangga Kepemimpinan

Menilai Seseorang dalam berbagai sudut pandang